Pembelajaran biasa
merupakan pembelajaran yang menyamaratakan kegiatan pembelajaran serta evaluasi
kepada semua anak tanpa membeda-bedakan anak. Semua anak diperlakukan sama
tanpa memperhatikan karakteristik masing-masing anak. Pembelajaran untuk anak
yang pandai yang bermotivasi tinggi, disamakan dengan pembelajaran untuk anak
yang berkesulitan belajar, dan rendah motivasinya. Anak yang mestinya bisa
belajar secara mandiri, dan memerlukan hanya sedikit bantuan, cenderung
dibelajarkan dalam tempo yang jauh lebih rendah dari yang seharusnya.
Akibatnya, mereka cenderung mengganggu dalam belajar, mengecoh penilaian guru
terhadap pemahaman seluruh siswa, sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif
dan menuntut pengulangan di materi selanjutnya.
Pembelajaran yang dibedakan (Differentiated
Instruction) merupakan
suatu proses pembelajaran dimana guru atau melakukan pembelajaran dengan cara
menyesuaikan instruksi dan penilaian untuk setiap perbedaan karakteristik
peserta didik. Differentiated Instructions memungkinkan semua siswa
untuk mengakses kurikulum kelas yang sama dan disesuaikan dengan
kebutuhan siswa. Differentiated Instructions juga mempertimbangkan perbedaan kebutuhan peserta didik untuk
mencapai tujuan belajar yang maksimal. Dengan merancang kegiatan pembelajaran
yang sesuai dengan kebutuhan siswa, diharapkan kesulitan yang dialami siswa
dapat teratasi, sehingga motivasi belajarnya tinggi. Pembelajaran yang
melibatkan siswa dengan motivasi tinggi, akan membangun karakter positif yang
kuat dalam diri siswa.Guru harus menyiapkan materi yang bervariasi untuk
kelompok-kelompok yang ada. Minimal kita membentuk tiga kelompok siswa. Satu
kelompok siswa yang mandiri, satu kelompok siswa yang lumayan, dan sisanya satu
kelompok siswa yang memerlukan bimbingan penuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar