Kompetensi Inti dan Kompetensi DasarMatematika
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku konsisten dan teliti dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah,
dan masyarakat sebagai wujud implementasi pemahaman tentang operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
2.2 Menunjukkan
perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan
masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi bilangan bulat
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran
dalam melaporkan data pengamatan
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin dalam melakukan aktivitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi pelaksanakan prosedur
dalam menggambar segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis
sumbunya menggunakan penggaris, jangka, dan busur
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis
bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan
dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
3.2
Memahami pengertian himpunan, himpunan
bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan
contoh
3.3
Menentukan nilai variabel dalam
persamaan dan pertaksamaan linear satu variabel
3.4
Memahami konsep perbandingan dan menggunakan
bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran
3.5
Memahami pola dan menggunakannya untuk
menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
3.6
Memahami sifat-sifat bangun datar dan
menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
3.7
Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat
Kartesius
3.8
Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun
datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri
3.9
Memahami konsep transformasi (dilatasi,
translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri
3.10
Menemukan peluang empirik dari data luaran
(output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
3.11
Memahami teknik penataan data dari dua
variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik
garis
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menggunakan konsep aljabar
dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
4.2
Membuat dan menyelesaikan
model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel
4.3
Menggunakan pola dan generalisasi
untuk menyelesaikan masalah
4.4
Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
4.5
Menyelesaikan permasalahan dengan
menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik
4.6
Menerapkan prinsip-prinsip
transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan
permasalahan nyata
4.7
Menyelesaikan permasalahan nyata yang
terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium,
jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
4.8
Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi,
dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
4.9
melakukan percobaan untuk menemukan
peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan
grafik
|
KELAS:
VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan ativitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik
fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Kartesius mengikuti prosedur
2.2 Menunjukkan
perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan
masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan sifat-sifat kubus, balok,
prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui alat peraga
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran
dalam melaporkan data pengamatan
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Menerapkan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan
3.2 Menentukan
nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata
3.3 Menentukan
nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak diketahui
3.4 Menentukan
gradien persamaan dari grafik garis lurus
3.5 Menyajikan
fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel,
grafik, dan diagram
3.6 Memahami
unsur, keliling, dan luas dari lingkaran
3.7 Memahami
hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
3.8 Memahami
Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola
bilangan
3.9 Menentukan
luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas
3.10 Menerapkan
lokasi benda dalam koordinat Kartesius dalam menjelaskan posisi relatif
terhadap acuan tertentu
3.11 Menaksir
dan menghitung volume permukaan bangun ruang yang tidak beraturan dengan
menerapkan geometri dasarnya
3.12 Memahami
konsep perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
3.13 Menemukan
peluang empirik dan teoritik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh
berdasarkan sekelompok data nyata
3.14 Memahami
teknik penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang,
diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis
hubungan antar variabel
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Membuat dan menyelesaikan model matematika
dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
4.2
Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.3
Menggunakan pola dan generalisasi untuk
menyelesaikan masalah nyata
4.4
Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmatika
4.5
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk
menyelesaikan berbagai masalah
4.6
Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait
penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
4.7
Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan
menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel
4.8
Melakukan percobaan untuk menemukan peluang
empirik dari masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang teoritik
|
KELAS: IX
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan
masyarakat sebagai wujud implementasi mempelajari sifat-sifat segitiga
sebangun dan kongruen
2.2 Menunjukkan
perilaku konsisten dan teliti dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah,
dan masyarakat sebagai wujud implementasi mempelajari barisan, deret
aritmetika dan geometri
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam
melaporkan data pengamatan
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan
3.2 Memahami
operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
3.3 Menganalisis
sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
3.4 Memahami
perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan
menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
3.5 Menentukan
orientasi dan lokasi benda dalam koordinat kartesius serta menentukan posisi relatif terhadap acuan tertentu
3.6 Memahami
konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan
3.7 Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut,
dan bola
3.8 menaksir
dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak
beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya
3.9 Menentukan
peluang suatu kejadian sederhana
secara empirik dan teoritik
3.10 Menerapkan
pola dan generalisasi untuk membuat prediksi
3.11 Menentukan
nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data
3.12 Memahami teknik penyajian data dari dua variabel
menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata serta menentukan
hubungan antar variabel untuk mengambil kesimpulan
3.13 Memahami
konsep ruang sampel dan menentukan anggota melalui percobaan
3.14 Memilih
strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyelesaikan
permasalahan nyata yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
4.2 Menggunakan
konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan
bertingkat dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.3 Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan
berbagai modifikasi aljabar dan aritmatika
4.4 Menggunakan
pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan
masalah baru
4.5 Menyelesaikan
permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan
kekongruenan
4.6 Mengumpulkan,
mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam
bentuk tabel dan berbagai grafik serta mengidentifikasi hubungan antar
variabel serta mengambil kesimpulan
4.7 Menerapkan
prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah nyata
4.8 Membuat
dan menyelesaikan model matematika dari berbagai permasalahan nyata
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar