BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Filsafat adalah induk semua ilmu
pengetahuan. Filsafat
memberi sumbangan dan peran sebagai induk yang melahirkan dan membantu
mengembangkan ilmu pengetahuan hingga ilmu pengetahuan itu dapat hidup dan berkembang.
Filsafat juga dibutuhkan
manusia untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam berbagai
lapangan kehidupan manusia.
Dalam bidang pendidikan diperlukan
pula filsafat pendidikan sebagai dasar filosofis.
Dengan dasar filosofis yang kuat dan jelas, akan memperjelas arah dan tujuan
yang akan dicapai dalam pendidikan, sehingga prosesnya pun tidak akan
menyimpang dari arah dan tujuan yang akan dicapai. Dalam hal ini sama saja dengan semua
pendidikan salah satunya Filsafat Ilmu Pendidikan Matematika. Filsafat Ilmu Pendidikan Matematika
berkembang sesuai dengan peranannya, merupakan landasan filosofis yang menjiwai
seluruh kebijaksanaan dan pelaksanaan pendidikan Matematika.
Filsafat
Pendidikan Matematika meliputi beberapa masalah inti pendidikan matematika
mengenai ideologi, landasan, dan tujuannya. Dan juga meliputi beberapa aspek
seperti hakikat matematika, hakikat objek
matematika, hakikat siswa ,
hakikat pembelajaran, hakikat
pengajaran matematika, hakikat sumber
belajar mengajar, hakikat
penilaian, hakikat matematika
sekolah, hakikat siswa belajar matematika. Pendidikan matematika atau matematika
sekolah adalah salah satu bagian dari matematika. Dengan demikian ada keterkaitan atau hubungan antara matematika murni
dan pendidikan matematika.
Dalam perspektif yang lebih umum,
dapat dikatakan bahwa filosofi pendidikan matematika bertujuan menjelaskan dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang status dan dasar objek dan metode pendidikan
matematika. Pendidikan matematika
di pelajari hampir di semua jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD)
hingga di Perguruan Tinggi (PT). Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting dalam pendidikan. Hal ini disebabkan karena dengan
belajar matematika dapat membentuk pola pikir seseorang untuk berfikir secara
logis, kritis, dan kreatif.
Namun dalam kenyataannya banyak siswa yang merasa kesulitan dalam
belajar matematika hal ini menyebabkan hasil belajar matematika siswa rendah,
selain itu sisa juga kurang dapat mengembangkan kemampuan matematisnya seperti
kemampuan pemecahan masalah, penalaran, komunikasi, koneksi dan repressentasi.
Salah satu penyebabnya adalah penggunaan pendekatan pembelajaran yang kurang
tepat oleh guru matematika. Hendaknya guru matematika membiasakan untuk
menggunakan pendekatan yang lebih berpusat pada siswa dalam proses pembelajara
matematika. Beberapa contoh pendekatan yang berpusat pada siswa adalah
pendekatan problem solving, investigasi
dan problem posing. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tersebut membuat
pelajaran matematika
yang abstrak dapat mudah diterima siswa sehingga siswa akan senang belajar
matematika sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar dan kemampuan matematis siswa.
1.2. Rumusan Masalah
Adapun yang
menjadi rumusan masalah dalam tulisan ini adalah:
1.
Bagaimana hubungan filsafat dengan
matematika ?
2.
Bagaimana hubungan antara filsafat
matematika dengan filsafat pendidikan matematika ?
3.
Bagaimana hubungan antara matematika murni
dengan pendidikan matematika ?
1.3.
Tujuan Masalah
Yang
menjadi tujuan dari tulisan ini adalah:
1.
untuk mengetahui hubungan antara filsafat dan matematika.
2.
Untuk mengetahui hubungan antara
filsafat matematikaa dengan pendidikan matematika
3.
untuk mengetahui hubungan antara
matematika murni dan pendidikan matematika.
1.4. Manfaat Penulisan
Adapun
manfaat dari penulisan makalah ini yaitu dapat menambah kajian ilmiah
bagi pembaca dalam kajian filsafat matematika serta secara khusus
menambah bahan refrensi bagi mahasiswa
yang ingin mempelajari filsafat pendidikan matematika.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Hubungan antara Filsafat dan
Matematika
Matematika dan filsafat mempunyai
sejarah keterikatan satu dengan yang lain sejak jaman Yunani Kuno. Matematika
di samping merupakan sumber dan inspirasi bagi para filsuf, metodenya juga
banyak diadopsi untuk mendeskripsikan pemikiran filsafat. Kita bahkan mengenal
beberapa matematikawan yang sekaligus sebagai sorang filsuf, misalnya
Descartes, Leibniz, Bolzano, Dedekind, Frege, Brouwer, Hilbert, G¨odel, and
Weyl. Pada abad terakhir di mana logika yang merupakan kajian sekaligus pondasi
matematika menjadi bahan kajian penting baik oleh para matematikawan maupun
oleh para filsuf. Logika matematika mempunyai peranan hingga sampai era
filsafat kontemporer di mana banyak para filsuf kemudian mempelajari logika.
Logika matematika telah memberi inspirasi kepada pemikiran filsuf, kemudian
para filsuf juga berusaha mengembangkan pemikiran logika yang kemudian
dikembangkan lagi oleh para matematikawan dan bermanfaat bagi pengembangan
program komputer dan analisis bahasa.
Banyak filsuf telah menggunakan
matematika untuk membangun teori pengetahuan dan penalaran yang dihasilkan
dengan memanfaatkan bukti-bukti matematika dianggap telah dapat menghasilkan
suatu pencapaian yang memuaskan. Matematika telah menjadi sumber inspirasi yang
utama bagi para filsuf untuk mengembangkan epistemologi dan metafisik.
Hannes Leitgeb pad “Mathematical Methods in Philosophy”
telah menyelidiki penggunaan matematika di filsafat. Dia menyimpulkan bahwa
metode matematika mempunyai kedudukan penting di filsafat. Pada taraf tertentu
matematika dan filsafat mempunyai persoalan-persoalan bersama. Hannes Leitgeb
telah menyelidiki aspek-aspek dalam mana matematika dan filsafat mempunyai kedudukan yang sama ketika melakukan
penelaahan yatitu kesamaan antara obyek, sifat-sifat obyek, logika,
sistem-sistem, makna kalimat, hukum sebab-akibat, paradoks, teori permainan dan
teori kemungkinan. Para filsuf menggunakan logika sebab-akibat untuk untuk
mengetahui implikasi dari konsep atau pemikirannya, bahkan untuk membuktikan
kebenaran ungkapan-ungkapannya.
2.2 Hubungan antara Filsafat Matematika dan Filsafat Pendidikan
Matematika
Sebelum matematika berkembang sampai
sekarang ini, ternyata matematika telah dikaji sejak zaman Yunani Kuno oleh
para filosof disana. Para filosof tersebut mengkaji matematika dari cara
berpikir mereka masing-masing. Landasan ini menjadi pedoman dari perkembangan
matematika pada tiap zamannya.
Kajian
ini dimulai dari Plato yang mengatakan bahwa matematika telah ada dipikiran
kita sehingga dengan memikirkan matematika saja sudah menjadi landasan untuk
mempelajari matematika. Namun pandangan dari Plato ini tidak langsung mendapat
dukungan dari filosofis lain. Bahkan pertentangan berasal dari muridnya sendiri
yaitu Aristoteles yang berpendapat bahwa matematika ada karena kita telah
mengkaji terhadap benda-benda konkret
yang ada di sekitar kita maka kita baru dikatakan belajar matematika dan
menjadikannya sebagai landsan berfikir. Sedangkan menurut Brouwer bahwa intuisi
manusia merupakan landasan berpikir matematikanya.
Dari kajian para filosofis tersebut
akhirnya para filosofis pada zaman berikutnya berusaha memberikan pandangan
mereka terhadap matematika. Menurut kaum rasionalis bahwa matematika diperoleh
dari hasil kajian akal pikiran manusia sendiri. Sedangkan menurut John Locke
dan Hume mengatakan bahwa matematika berasal dari pengalaman manusia itu
sendiri. Sedangkan menurut Kaum Empiris
bahwa matematika itu tidak hanya sekedar pengalaman inderawi tetapi merupakan
proses generalisasi pengalaman-pengalaman.
Kajian terus berlanjut sampai
terciptanya pandangan baru Imanuel Kant yang berpandangan matematika merupakan
perpaduan pengalaman inderawi yang didukung oleh pemahaman pikiran kita.
Pertentangan mengenai landasan matematika ini terus berlanjut. Pada akhir abad
-19 muncul kajian dari Cantor yang mengatakan bahwa matematika berlandaskan
himpunan. Pada abad ke-20 muncul kajian bahwa yang menjadi landasan matematik
adalah logika. Sampai akhirnya muncul Kurt Golden yang menyatakan bahwa jika
system matematika lengkap maka ia tidak konsisten dan jika system matematika
konsisten maka ia tida lengkap.
Pertanyaan
sederhana tentang “apakah matematika itu?”. Jawaban atas pertanyaan itu tidak
tunggal. Namun demikian,
beragamnya jawaban itu dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) aliran sesuai
dengan hasil pemikiran para ahli (flsuf) yang sudah sejak abad 19 yang lalu
memikirkannya. Ketiga aliran itu adalah: 1) Formalism,
yang dipelopori oleh David Hilbert (1862-1943) seorang matematikawan Jerman.
Bagi pengikut aliran ini, matematika merupkan sebuah pengethuan tentang
struktur formal dari lambang (simbol). Aliran ini menekankan konsistensi
matematika sebagai bahasa simbol; 2) Logicism,
yang berpendapat bahwa semua matematika dapat diturunkan dari prinsip-prinsip
logika. Dengan kata lain, aliran ini mengatakan bahwa matematika merupakan cara
berpikir logis yang benar atau salahnya dapat ditentukan tanpa bukti empiris.
Tokoh dalam aliran ini yang juga seorang ahli filsafat disamping matematikawan
adalah Bertrand Russel (1872-1970) dan Alfred North Whitehead (1861-1947),
berasal dari Inggris; 3) Intuisionism,
dengan tokoh seorang matematkawan Belanda Luitzen Egbertus Jan Brouwer (1881-1966).
Menurut pengikut aliran ini, matematika
berasal dan berkembang
didalam pikiran manusia. Aliran ini sejalan
dengan pendapat Imanuel Kant (1724-1804) yang menyatakan bahwa mateatika
merupakan pengetahuan yang eksistensinya tergantung pada pengalaman.
Matematika memiliki objek kajian yang
abstrk. Abstrak adalah suatu nilai terhadap
konkrit, formal suatu nilai terhadap informal, objektif terhadap subjektif,
pembenaran terhadap penemuan, rasionalitas terhadap intuisi, penalaran terhadap
emosi, hal-hal umum terhadap hal-hal khusus, teori terhadap praktik, kerja
dengan fikiran terhadap kerja dengan tangan, dan seterusnya. Kaum absolutis berpendapat bahwa niai yang
mereka maksud adalah nilai yang melekat pada diri mereka yang berupa kebudayaan, jadi bukan nilai yang
melekat secara implisist pada matematika.
Sementara,
penemuan-penemuan matematika, hasil kerja para matematisi dan proses yang
bersifat informal dipandang tidak demikian. Dengan pendekatan ini kaum
absolutis membangun matematika yang dianggapnya sebagai netral dan bebas nilai.
Dengan pendekatan ini mereka menetapkan kriteria apa yang dapat diterima dan
tidak diterima. Hal-hal yang terikat dengan implikasi sosial dan nilai-nilai
yang menyertainya, secara eksplisit, dihilangkannya. Tetapi dalam kenyataannya,
nilai-nilai yang terkandung dalam hal-hal tersebut di atas, membuat
masalah-masalah yang tidak dapat dipecahkan. Hal ini disebabkan karena
mendasarkan pada hal-hal yang bersifat formal saja hanya dapat menjangkau pada
pembahasan bagian luar dari matematika itu sendiri.
Jika mereka berkehendak menerima kritik yang ada, sebetulnya pandangan mereka tentang matematika yang netral dan bebas nilai juga merupakan suatu nilai yang melekat pada diri mereka dan sulit untuk dilihat. Inggris dan negara-negara Barat pada umumnya, diperintah oleh kaum laki-laki berkulit putih dari kelas atas. Keadaan demikian mempengaruhi struktur sosial para matematisi di kampus-kampus suatu Universitas, yang kebanyakan didominasi oleh mereka.
Jika mereka berkehendak menerima kritik yang ada, sebetulnya pandangan mereka tentang matematika yang netral dan bebas nilai juga merupakan suatu nilai yang melekat pada diri mereka dan sulit untuk dilihat. Inggris dan negara-negara Barat pada umumnya, diperintah oleh kaum laki-laki berkulit putih dari kelas atas. Keadaan demikian mempengaruhi struktur sosial para matematisi di kampus-kampus suatu Universitas, yang kebanyakan didominasi oleh mereka.
Nilai-nilai mereka secara sadar dan tak sadar
terjabarkan dalam pengembangan matematika sebagai bagian dari usaha dominasi
sosial. Oleh karena itu agak janggal kiranya bahwa matematika bersifat netral
dan bebas nilai, sementara matematika telah menjadi alat suatu kelompok sosial.
Mereka mengunggulkan pria di atas wanita kulit putih di atas kulit hitam,
masyarakat strata menengah di atas strata bawah. Dalam hal ini, yang paling mencolok adanya adanya stereotif gender
yang menyebabkan kurangnya kesempatan yang sama bagi wanita untuk belajar
matematika karena matematika dianggap
pelajaran yang sulit dan keras sehingga hanya kaum laki-laki saja pada saat itu
yang boleh belajar matematika, yang menjadi kriteria penilaiannya rendahnya hasil belajar dan partisipasi anak perempuan
dalam belajar matematika. Hal inilah yang
menciptakan ketidaksamaan gender dalam masyarakat.
Sebuah pendapat yang mengatakan, matematika hanya diperuntukkan untuk untuk suatu kelompok tertentu, misalnya kelompok kulit putih dari strata atas. Namun kritik demikian menghadapi beberapa masalah. Pertama, terdapat premis bahwa matematika bersifat netral. Kedua, terdapat pandangan yang tersembunyi bahwa pengajaran matematika juga dianggap netral. Sebelumnya telah ditunjukkan bahwa setiap pembelajaran adalah terikat dengan nilai-nilai. Ketiga, ada anggapan bahwa keterlibatan berbagai kelompok masyarakat beserta nilainya dalam matematika adalah konsekuensi logisnya. Dan yang terakhir, sejarah menunjukkan bahwa matematika pernah merupakan alat suatu kelompok masyarakat tertentu. Kaum ‘social constructivits’ memandang bahwa matematika merupakan karya cipta manusia melalui kurun waktu tertentu. Semua perbedaan pengetahuan yang dihasilkan merupakan kreativitas manusia yang saling terkait dengan hakekat dan sejarahnya.
Sebuah pendapat yang mengatakan, matematika hanya diperuntukkan untuk untuk suatu kelompok tertentu, misalnya kelompok kulit putih dari strata atas. Namun kritik demikian menghadapi beberapa masalah. Pertama, terdapat premis bahwa matematika bersifat netral. Kedua, terdapat pandangan yang tersembunyi bahwa pengajaran matematika juga dianggap netral. Sebelumnya telah ditunjukkan bahwa setiap pembelajaran adalah terikat dengan nilai-nilai. Ketiga, ada anggapan bahwa keterlibatan berbagai kelompok masyarakat beserta nilainya dalam matematika adalah konsekuensi logisnya. Dan yang terakhir, sejarah menunjukkan bahwa matematika pernah merupakan alat suatu kelompok masyarakat tertentu. Kaum ‘social constructivits’ memandang bahwa matematika merupakan karya cipta manusia melalui kurun waktu tertentu. Semua perbedaan pengetahuan yang dihasilkan merupakan kreativitas manusia yang saling terkait dengan hakekat dan sejarahnya.
Akibatnya, matematika dipandang sebagai suatu
ilmu pengetahuan yang terikat dengan budaya dan nilai penciptanya dalam konteks
budayanya.Sejarah matematika adalah sejarah pembentukannya, tidak hanya yang
berhubungan dengan pengungkapan kebenaran, tetapi meliputi permasalahan yang
muncul, pengertian, pernyataan, bukti dan teori yang dicipta, yang
terkomunikasikan dan mengalami reformulasi oleh individu-individu atau suatu
kelompok dengan berbagai kepentingannya. Pandangan demikian memberi konsekuensi
bahwa sejarah matematika perlu direvisi.
Kaum absolutis berpendapat bahwa suatu penemuan belumlah merupakan matematika dan matematika modern merupakan hasil yang tak terhindarkan. Ini perlu pembenaran. Bagi kaum ‘social constructivist’ matematika modern bukanlah suatu hasil yang tak terhindarkan, melainkan merupakan evolusi hasil budaya manusia. Joseph (1987) menunjukkan betapa banyaknya tradisi dan penelitian pengembangan matematika berangkat dari pusat peradaban dan kebudayaan manusia. Sejarah matematika perlu menunjuk matematika, filsafat, keadaan sosial dan politik yang bagaimana yang telah mendorong atau menghambat perkembangan matematika. Sebagai contoh, Henry (1971) dalam Ernest (1991: 34) mengakui bahwa calculus dicipta pada masa Descartes, tetapi dia tidak suka menyebutkannya karena ketidaksetujuannya terhadap pendekatan infinitas. Restivo (1985:40), MacKenzie (1981: 53) dan Richards (1980, 1989) dalam Ernest (1991 : 203) menunjukkan betapa kuatnya hubungan antara matematika dengan keadaan sosial; sejarah sosial matematika lebih tergantung kepada kedudukan sosial dan kepentingan pelaku dari pada kepada obyektivitas dan kriteria rasionalitasnya. Kaum ‘social constructivist’ berangkat dari premis bahwa semua pengetahuan merupakan karya cipta. Kelompok ini juga memandang bahwa semua pengetahuan mempunyai landasan yang sama yaitu ‘kesepakatan’. Baik dalam hal asal-usul maupun pembenaran landasannya, pengetahuan manusia mempunyai landasan yang merupakan kesatuan, dan oleh karena itu semua bidang ilmu pengetahuan manusia saling terikat satu dengan yang lain. Akibatnya, sesuai dengan pandangan kaum ‘social constructivist’, matematika tidak dapat dikembangkan jika tanpa terkait dengan pengetahuan lain, dan yang secara bersama-sama mempunyai akarnya, yang dengan sendirinya tidak terbebaskan dari nilai-nilai dari bidang pengetahuan yang diakuinya, karena masing-masing terhubung olehnya.
Karena matematika terkait dengan semua pengetahuan dari diri manusia, maka jelaslah bahwa matematika tidaklah bersifat netral dan bebas nilai. Dengan demikian matematika memerlukan landasan sosial bagi perkembangannya (Davis dan Hers, 1988: 70 dalam Ernest 1991 : 277-279). Shirley (1986: 34) menjelaskan bahwa matematika dapat digolongkan menjadi formal dan informal, terapan dan murni. Berdasarkan pembagian ini, kita dapat membagi kegiatan matematika menjadi 4 (empat) macam, di mana masing-masing mempunyai ciri yang berbeda-beda:
a. matematika formal-murni, termasuk matematika yang dikembangkan pada Universitas dan matematika yang diajarkan di sekolah;
b. matematika formal-terapan, yaitu yang dikembangkan dalam pendidikan maupun di luar, seperti seorang ahli statistik yang bekerja di industri.
c. matematika informal-murni, yaitu matematika yang dikembangkan di luar institusi kependidikan; mungkin melekat pada budaya matematika murni.
d. matematika informal-terapan, yaitu matematika yang digunakan dalam segala kehidupan sehari-hari, termasuk kerajinan, kerja kantor dan perdagangan.
Dowling dalam Ernest (1991: 93), berdasarkan
rekomendasi dari Foucault dan Bernstein, mengembangkan berbagai macam konteks
kegiatan matematika. Dia membagi satu dimensi model menjadi 4 (empat) macam
yaitu : Production (kreativitas), Recontextualization (pandangan guru dan
dasar-dasar kependidikan), Reproduction (kegiatan di kelas) dan
Operationalization (penggunaan matematika). Dimensi kedua dari pengembangannya
memuat 4 (empat) macam yaoitu: Academic (pada pendidikan tinggi), School (konteks
sekolah), Work (kerja) dan Popular (konsumen dan masyarakat).Kaum absolutis berpendapat bahwa suatu penemuan belumlah merupakan matematika dan matematika modern merupakan hasil yang tak terhindarkan. Ini perlu pembenaran. Bagi kaum ‘social constructivist’ matematika modern bukanlah suatu hasil yang tak terhindarkan, melainkan merupakan evolusi hasil budaya manusia. Joseph (1987) menunjukkan betapa banyaknya tradisi dan penelitian pengembangan matematika berangkat dari pusat peradaban dan kebudayaan manusia. Sejarah matematika perlu menunjuk matematika, filsafat, keadaan sosial dan politik yang bagaimana yang telah mendorong atau menghambat perkembangan matematika. Sebagai contoh, Henry (1971) dalam Ernest (1991: 34) mengakui bahwa calculus dicipta pada masa Descartes, tetapi dia tidak suka menyebutkannya karena ketidaksetujuannya terhadap pendekatan infinitas. Restivo (1985:40), MacKenzie (1981: 53) dan Richards (1980, 1989) dalam Ernest (1991 : 203) menunjukkan betapa kuatnya hubungan antara matematika dengan keadaan sosial; sejarah sosial matematika lebih tergantung kepada kedudukan sosial dan kepentingan pelaku dari pada kepada obyektivitas dan kriteria rasionalitasnya. Kaum ‘social constructivist’ berangkat dari premis bahwa semua pengetahuan merupakan karya cipta. Kelompok ini juga memandang bahwa semua pengetahuan mempunyai landasan yang sama yaitu ‘kesepakatan’. Baik dalam hal asal-usul maupun pembenaran landasannya, pengetahuan manusia mempunyai landasan yang merupakan kesatuan, dan oleh karena itu semua bidang ilmu pengetahuan manusia saling terikat satu dengan yang lain. Akibatnya, sesuai dengan pandangan kaum ‘social constructivist’, matematika tidak dapat dikembangkan jika tanpa terkait dengan pengetahuan lain, dan yang secara bersama-sama mempunyai akarnya, yang dengan sendirinya tidak terbebaskan dari nilai-nilai dari bidang pengetahuan yang diakuinya, karena masing-masing terhubung olehnya.
Karena matematika terkait dengan semua pengetahuan dari diri manusia, maka jelaslah bahwa matematika tidaklah bersifat netral dan bebas nilai. Dengan demikian matematika memerlukan landasan sosial bagi perkembangannya (Davis dan Hers, 1988: 70 dalam Ernest 1991 : 277-279). Shirley (1986: 34) menjelaskan bahwa matematika dapat digolongkan menjadi formal dan informal, terapan dan murni. Berdasarkan pembagian ini, kita dapat membagi kegiatan matematika menjadi 4 (empat) macam, di mana masing-masing mempunyai ciri yang berbeda-beda:
a. matematika formal-murni, termasuk matematika yang dikembangkan pada Universitas dan matematika yang diajarkan di sekolah;
b. matematika formal-terapan, yaitu yang dikembangkan dalam pendidikan maupun di luar, seperti seorang ahli statistik yang bekerja di industri.
c. matematika informal-murni, yaitu matematika yang dikembangkan di luar institusi kependidikan; mungkin melekat pada budaya matematika murni.
d. matematika informal-terapan, yaitu matematika yang digunakan dalam segala kehidupan sehari-hari, termasuk kerajinan, kerja kantor dan perdagangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar