Kompetensi Inti dan Kompetensi DasarMatematika
KELAS: VII
| 
    
KOMPETENSI INTI 
 | 
   
    
KOMPETENSI
   DASAR 
 | 
  
| 
   
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
 | 
  
   | 
 
| 
   
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
  dan keberadaannya 
 | 
  
   
2.1     Menunjukkan
  perilaku konsisten dan teliti dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah,
  dan masyarakat sebagai wujud implementasi pemahaman tentang operasi hitung
  bilangan bulat dan pecahan 
2.2     Menunjukkan
  perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan
  masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi bilangan bulat 
2.3     Menunjukkan
  perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran
  dalam melaporkan data pengamatan 
2.4     Menunjukkan perilaku disiplin dalam melakukan aktivitas di rumah,
  sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi pelaksanakan prosedur
  dalam menggambar segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis
  sumbunya menggunakan penggaris, jangka, dan busur 
 | 
 
| 
   
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
  fenomena dan kejadian tampak mata 
 | 
  
   
3.1    
  Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis
  bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan
  dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi 
3.2    
  Memahami pengertian himpunan, himpunan
  bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan
  contoh 
3.3    
  Menentukan nilai variabel dalam
  persamaan dan pertaksamaan linear satu variabel 
3.4    
  Memahami konsep perbandingan dan menggunakan
  bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran 
3.5    
  Memahami pola dan menggunakannya untuk
  menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan) 
3.6    
  Memahami sifat-sifat bangun datar dan
  menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas 
3.7    
  Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat
  Kartesius 
3.8    
  Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun
  datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri 
3.9    
  Memahami konsep transformasi (dilatasi,
  translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri 
3.10 
  Menemukan peluang empirik dari data luaran
  (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data 
3.11 
  Memahami teknik penataan data dari dua
  variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik
  garis 
 | 
 
| 
   
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
  membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
  di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 
 | 
  
   
4.1    
  Menggunakan konsep aljabar
  dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana 
4.2    
  Membuat dan menyelesaikan
  model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan
  pertidaksamaan linier satu variabel 
4.3    
  Menggunakan pola dan generalisasi
  untuk menyelesaikan masalah  
4.4    
  Menggunakan konsep perbandingan untuk
  menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik 
4.5    
  Menyelesaikan permasalahan dengan
  menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik   
4.6    
  Menerapkan prinsip-prinsip
  transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan
  permasalahan nyata 
4.7    
  Menyelesaikan permasalahan nyata yang
  terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium,
  jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang 
4.8    
  Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi,
  dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik  
4.9    
  melakukan percobaan untuk menemukan
  peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan
  grafik 
 | 
 
KELAS:
VIII
| 
    
KOMPETENSI INTI 
 | 
   
    
KOMPETENSI
   DASAR 
 | 
  
| 
   
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
 | 
  
   | 
 
| 
   
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
  dan keberadaannya 
 | 
  
   
2.1      Menunjukkan
  perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan ativitas di rumah,
  sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik
  fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Kartesius  mengikuti prosedur 
2.2      Menunjukkan
  perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan
  masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan sifat-sifat kubus, balok,
  prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui alat peraga 
2.3      Menunjukkan
  perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran
  dalam melaporkan data pengamatan 
 | 
 
| 
   
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
  prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
 | 
  
   
3.1      Menerapkan
  operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan 
3.2      Menentukan
  nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata 
3.3      Menentukan
  nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak diketahui 
3.4      Menentukan
  gradien persamaan dari grafik garis lurus 
3.5      Menyajikan
  fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel,
  grafik, dan diagram 
3.6      Memahami
  unsur, keliling, dan luas dari lingkaran 
3.7      Memahami
  hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring 
3.8      Memahami
  Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola
  bilangan 
3.9      Menentukan
  luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas 
3.10   Menerapkan
  lokasi benda dalam koordinat Kartesius dalam menjelaskan posisi relatif
  terhadap acuan tertentu 
3.11   Menaksir
  dan menghitung volume permukaan bangun ruang yang tidak beraturan dengan
  menerapkan geometri dasarnya 
3.12   Memahami
  konsep perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 
3.13   Menemukan
  peluang empirik dan teoritik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh
  berdasarkan sekelompok data nyata 
3.14   Memahami
  teknik penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang,
  diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis
  hubungan antar variabel 
 | 
 
| 
   
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
  membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
  di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 
 | 
  
   
4.1       
  Membuat dan menyelesaikan model matematika
  dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel 
4.2       
  Menggunakan konsep perbandingan untuk
  menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 
4.3       
  Menggunakan pola dan generalisasi untuk
  menyelesaikan masalah nyata  
4.4       
  Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
  besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmatika  
4.5       
  Menggunakan Teorema Pythagoras untuk
  menyelesaikan berbagai masalah  
4.6       
  Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait
  penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring  
4.7       
  Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan
  menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
  dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel  
4.8       
  Melakukan percobaan untuk menemukan peluang
  empirik dari masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang teoritik 
 | 
 
KELAS: IX
| 
    
KOMPETENSI
   INTI 
 | 
   
    
KOMPETENSI
   DASAR 
 | 
  
| 
   
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
 | 
  
   | 
 
| 
   
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
  dan keberadaannya 
 | 
  
   
2.1      Menunjukkan
  perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan
  masyarakat sebagai wujud implementasi mempelajari sifat-sifat segitiga
  sebangun dan kongruen 
2.2      Menunjukkan
  perilaku konsisten dan teliti dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah,
  dan masyarakat sebagai wujud implementasi mempelajari barisan, deret
  aritmetika dan geometri 
2.3      Menunjukkan
  perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam
  melaporkan data pengamatan 
 | 
 
| 
   
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
  prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
 | 
  
   
3.1      Memahami
  sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan 
3.2      Memahami
  operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar 
3.3      Menganalisis
  sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya 
3.4      Memahami
  perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan
  menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 
3.5      Menentukan
  orientasi dan lokasi benda dalam koordinat kartesius serta menentukan  posisi relatif terhadap acuan tertentu 
3.6      Memahami
  konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan 
3.7      Menentukan  luas selimut dan volume tabung, kerucut,
  dan bola 
3.8      menaksir
  dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak
  beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya 
3.9      Menentukan
  peluang suatu kejadian sederhana 
  secara empirik dan teoritik 
3.10   Menerapkan
  pola dan generalisasi untuk membuat prediksi 
3.11   Menentukan
  nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data 
3.12   Memahami  teknik penyajian data dari dua variabel
  menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata serta menentukan
  hubungan antar variabel untuk mengambil kesimpulan 
3.13   Memahami
  konsep ruang sampel dan menentukan anggota melalui percobaan 
3.14   Memilih
  strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan 
 | 
 
| 
   
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
  membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
  di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 
 | 
  
   
4.1      Menyelesaikan
  permasalahan nyata yang berkaitan dengan fungsi kuadrat 
4.2      Menggunakan
  konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan
  bertingkat dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 
4.3      Menyelesaikan
  permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan
  berbagai modifikasi aljabar dan aritmatika 
   
4.4      Menggunakan
  pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan
  masalah baru 
4.5      Menyelesaikan
  permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan
  kekongruenan 
4.6      Mengumpulkan,
  mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam
  bentuk tabel dan berbagai grafik serta mengidentifikasi hubungan antar
  variabel serta mengambil kesimpulan 
4.7      Menerapkan
  prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah nyata 
4.8      Membuat
  dan menyelesaikan model matematika dari berbagai permasalahan nyata 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar