PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION
DAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
SISWA PADA POKOK BAHASAN
BILANGAN BULAT DI KELAS
VII SMP SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN
TAHUN
AJARAN 2010/2011
Tanti Jumai Syaroh S (NIM 061244110052)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar siswa dan peningkatan
hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based instruction
dan make a match meningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bilangan bulat dengan di
kelas VII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Ajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan
Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 42 orang siswa. Objek
penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam matematika khususnya pada pokok
bahasan bilangan bulat. Instrumen
dalam penelitian ini adalah tes
hasil belajar dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Prosedur dari penelitian ini terdiri atas dua
siklus, dimana setelah satu siklus berakhir diberikan tes dan pada setiap
proses pembelajaran ada observasi yang dilakukan oleh observer yaitu guru
matematika SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan.
Data yang diperoleh sebelum dilakukan tindakan
diperoleh nilai rata-rata tes awal siswa sebesar 51,5 dan hanya 15 orang siswa
atau 35,71 %
yang mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar. Setelah diberikan
tindakan dengan menerapkan model pembelajaran problem based instruction dan
make a match pada siklus I dan kemudian diberikan tes hasil belajar I maka
diperoleh nilai rata-rata kelas adalah 70,1 dengan 28 orang siswa atau 66,67 % yang mencapai kriteria ketuntasan. Pada siklus II dengan memberikan tes
hasil belajar II diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 78,7 dengan 37 orang siswa atau 88,1 % yang mencapai kriteria ketuntasan
belajar. Berdasarkan hasil
analisa data yang diperoleh melalui uji signifikan antara rata-rata nilai yang
diperoleh siswa pada tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II bahwa = 6,48 > 1,68 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha
diterima dapat dijelaskan ternyata
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction dan
make a match pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII adalah signifikan.
Hasil
penelitian ini membuktian bahwa penerapan model pembelajaran problem based instruction dan make a match dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas VII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan pada pokok
bahasan bilangan bulat tahun ajaran 2010/2011.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar