salju

Kamis, 26 Juli 2012

ABSTRAK SKRIPSI


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION
DAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DI KELAS
VII SMP SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN
TAHUN AJARAN 2010/2011


Tanti Jumai Syaroh S (NIM 061244110052)


ABSTRAK
                                              
         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based instruction dan make a match meningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bilangan bulat dengan di kelas VII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Ajaran 2010/2011.
         Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 42 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam matematika khususnya pada pokok bahasan bilangan bulat. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Prosedur dari penelitian ini terdiri atas dua siklus, dimana setelah satu siklus berakhir diberikan tes dan pada setiap proses pembelajaran ada observasi yang dilakukan oleh observer yaitu guru matematika SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan.
Data yang diperoleh sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai rata-rata tes awal siswa sebesar 51,5 dan hanya 15 orang siswa atau 35,71 %  yang mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar. Setelah diberikan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran problem based instruction dan make a match pada siklus I dan kemudian diberikan tes hasil belajar I maka diperoleh nilai rata-rata kelas adalah 70,1 dengan 28 orang siswa atau 66,67 % yang mencapai kriteria ketuntasan. Pada siklus II dengan memberikan tes hasil belajar II diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 78,7 dengan 37 orang siswa atau 88,1 % yang mencapai kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh melalui uji signifikan antara rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II bahwa  = 6,48 > 1,68 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima dapat dijelaskan ternyata pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction dan make a match pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII adalah signifikan.
         Hasil penelitian ini membuktian bahwa penerapan model pembelajaran problem based instruction dan make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan pada pokok bahasan bilangan bulat tahun ajaran 2010/2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar