Rabu, 19 Desember 2012

PERBEDAAN PEMBELAJARAN BIASA DAN PEMBELAJARAN YANG DIBEDAKAN



Pembelajaran biasa merupakan pembelajaran yang menyamaratakan kegiatan pembelajaran serta evaluasi kepada semua anak tanpa membeda-bedakan anak. Semua anak diperlakukan sama tanpa memperhatikan karakteristik masing-masing anak. Pembelajaran untuk anak yang pandai yang bermotivasi tinggi, disamakan dengan pembelajaran untuk anak yang berkesulitan belajar, dan rendah motivasinya. Anak yang mestinya bisa belajar secara mandiri, dan memerlukan hanya sedikit bantuan, cenderung dibelajarkan dalam tempo yang jauh lebih rendah dari yang seharusnya. Akibatnya, mereka cenderung mengganggu dalam belajar, mengecoh penilaian guru terhadap pemahaman seluruh siswa, sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif dan menuntut pengulangan di materi selanjutnya.
 Pembelajaran yang dibedakan  (Differentiated Instruction)  merupakan suatu proses pembelajaran dimana guru atau melakukan pembelajaran dengan cara menyesuaikan instruksi dan penilaian untuk setiap perbedaan karakteristik peserta didik. Differentiated Instructions memungkinkan semua siswa untuk mengakses kurikulum kelas yang sama dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Differentiated Instructions juga mempertimbangkan perbedaan kebutuhan peserta didik untuk mencapai tujuan belajar yang maksimal. Dengan merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, diharapkan kesulitan yang dialami siswa dapat teratasi, sehingga motivasi belajarnya tinggi. Pembelajaran yang melibatkan siswa dengan motivasi tinggi, akan membangun karakter positif yang kuat dalam diri siswa.Guru harus menyiapkan materi yang bervariasi untuk kelompok-kelompok yang ada. Minimal kita membentuk tiga kelompok siswa. Satu kelompok siswa yang mandiri, satu kelompok siswa yang lumayan, dan sisanya satu kelompok siswa yang memerlukan bimbingan penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar